• SMK NEGERI 1 TEMANGGUNG
  • Jl.Kadar Maron 104 Sidorejo, Telpn / Fax.(0293) 4901639 Temanggung 56221

Simulasi PBM Sesuai Kebiasaan Baru SMK Negeri 1 Temanggung

Pandemi covid-19 telah mengubah tata cara dan kebiasaan manusia. Bagaimanapun juga kehidupan harus tetap berjalan sebagaimana harapan. Untuk itu,kami siap melaksanakan pembelajaran di era adaptasi kebiasaan baru dengan tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran virus covid-19.

SMK Negeri 1 Temanggung memiliki jumlah siswa sebanyak 2036 dengan 45 rombongan belajar. Jumlah guru serta karyawan sebanyak 156 orang. Untuk itu diperlukan pengaturan proses pembelajaran dan kerja sesuai dengan protokol kesehatan.

Pengaturan kegiatan pembelajaran tatap muka selama masa simulasi pembelajaran tatap muka setiap hari, hanya menghadirkan sejumlah 72 siswa di sekolah yakni 6 kelas dengan jumlah siswa hanya 12 per kelas. Sedangkan siswa yang lain melakukan pembelajaran secara daring.

Sebelum siswa berangkat ke sekolah, terlebih dahulu mengisi form kesiapan belajar melalui tautan yang telah disediakan. Siswa diimbau untuk tetap mematuhi protokol pencegahan penyebaran virus covid-19 selama perjalanan menuju sekolah.

Sesampainya di sekolah, siswa diwajibkan tetap menjaga jarak aman yakni 1,5 m dengan siswa lain. Petugas pengecek suhu memeriksa suhu badan semua orang yang akan memasuki kampus SMK Negeri 1 Temanggung. Semua warga sekolah wajib mencuci tangan dengan sabun secara benar di tempat yang telah disediakan. Setelah itu siswa bersuhu badan di bawah 37,3◦C dapat mengikuti pembelajaran setelah mendapat pengarahan pada kegiatan apel pagi. Sedangkan siswa dengan suhu badan di atas 37,3 ◦C dipersilakan untuk memasuki ruang isolasi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Di setiap sudut sekolah diberi alur, tanda, dan imbauan mengenai protokol kesehatan dan tata cara cuci tangan dengan benar. Semua fasilitas yang menggunakan tempat duduk dan memungkinkan antrian dibuat berjarak, termasuk  pengaturan parkir disesuaikan dengan jarak aman.

Pada tahap persiapan, guru melakukan pengarahan kepada siswa sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dan praktikum sesuai protokol pencegahan penyebaran virus covid-19. Pada kegiatan pembelajaran guru memberikan sekilas materi tentang covid-19 dan upaya pencegahan serta penyebarannya. Pada saat istirahat siswa tidak diperbolehkan keluar ruangan kecuali untuk beribadah dan pergi ke toilet. Siswa diwajibkan membawa bekal makan dan minum serta alat ibadah sendiri. Kegiatan ibadahpun dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

Saat pembelajaran praktik di laboratorium dan lapangan, guru memberikan arahan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi prosedur keselamatan kerja.

Setelah melaksanakan pembelajaran selama 3 jam di sekolah dengan pengaturan jam kedatangan dan kepulangan tiap kelas berbeda.

Saat meninggalkan sekolah, siswa dipersilakan untuk diimbau untuk langsung pulang ke rumah, mencuci tangan menggunakan sabun, mencuci masker, mengganti baju seragam yang dikenakan, sebelum beristirahat di rumah.

Demikian video sosialisasi simulasi pembelajaran adaptasi kebiasaan baru SMK Negeri 1 Temanggung.

Tulisan Lainnya
Penandatanganan MoU SMK N 1 Temanggung dengan Sekolah Vokasi UGM

Yogyakarta (29/1) — Sekolah Vokasi UGM melaksanakan penandatanganan MoU kerjasama dengan SMK N 1 Temanggung, pada Rabu, 29 Januari 2020 di Ruang SV138. Kedua belah

05/02/2020 08:01 WIB - Administrator
Pembukaan Festival Kopi dan UMKM di SMKN 1 Temanggung oleh Bapak Bupati Temanggung M.Al Khadziq

Bupati Temanggung M. Al Khadziq membuka Festival Kopi dan UMKM di SMKN 1 Temanggung (Heru Suyitno) Temanggung (ANTARA) - Bupati Temanggung, Jawa Tengah,  M Al Khadziq mengajak mas

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
4 HarI Pameran FoodEx Japan 2019, Dua SMK Ini Berpotensi Raih Pesanan hingga 20 Kontainer dan 1 Ton

  The 44rd International Food and Beverage Exibition (FoodEx Japan 2019) yang berakhir pada Jumat, 8 Maret 2019, terbukti memberikan keberkahan kepada peserta Indonesi

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
Alumni SMK di Jepang: Sekti dipercaya sebagai Quality Control di Perusahaan Besar Jepang

  Faktor komunikasi menjadi salah satu penentu kesuksesan di manapun seseorang berada, tak terlepas ketika di luar negeri ataupun dalam negeri. Terlebih di sebuah negara yang hu

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator