Visi Misi

Visi :
Menjadi Sekolah berwawasan pelestarian lingkungan hidup yang menghasilkan tamatan profesional dan unggul dalam memanfaatkan peluang kerja di era Globalisasi.

Misi :

  1. Menyiapkan sumber daya pendidikan yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan potensi peserta didik

  2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dan penguasaan kompetensi yang dipersyaratkan Dunia Usaha/Dunia Industri.

  3. Mengembangkan kultur sekolah yang berwawasan pelestarian lingkungan hidup.

Tujuan Pendidikan SMK :

Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

Tujuan SMK Negeri 1 Temanggung :

Tujuan Umum :

  • Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab;

  • Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia;

  • Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, dengan secara aktif turut memelihara dan melestarikan lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya alam secara efektif dan efisien.

Tujuan Khusus :

  • Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya;
  • Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya;
  • Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, agar mampu mengembangkan diri di kemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
  • Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih;