Browse > Kolom Prestasi > Siswa SMKN 1 Temanggung Juara OSTN ungguli 32 Peserta se-Indonesia

Siswa SMKN 1 Temanggung Juara OSTN ungguli 32 Peserta se-Indonesia

Suara Merdeka - 11 September 2013 hal 31, Siswa SMKN 1 Temanggung atas nama Ferisa Larasati Nugraha berhasil meraih juara pertama nasional OSTN (Olimpiade Sains Terapan Nasional) Biologi Terapan tahun 2013.  Dalam lomba di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung pada 2 hingga 8 September itu, Ferisa mampu mengungguli 32 peserta lain, yang merupakan wakil dari masing-masing provinsi di Indonesia.

Kepala SMK Negeri 1 Temanggung, Purwono di kantornya kemarin mengungkapkan prestasi yang diraih Ferisa dalam OSTN 2013 kali ini, mengulang prestasi yang pernah diraih siswanya pada tahun 2009 dan 2010 lalu dalam ajang yang sama. Dalam 2 penyelenggaraan OSTN pelajaran biologi itu, siswa Stemba juga meraih juara pertama.

Sejak OSTN ini diselenggarakan pada 2018, siswa Stemba selalu masuk 3 besar untuk pelajaran Biologi Terapan. Selain mendapatkan juara pertama pada tahun 2009, 2010 dan 2013, pada tahun 2008 dan 2012 siswa kami meraih juara kedua, lalu tahun 2011 mendapatkan juara ketiga.

Keberhasilan diraih selama ini, tidak lepas dari pengkaderan dan pembinaan yang dilaksanakan sekolahnya. Mulai kelas X, siswa yang potensial di masing-masing bidang sudah dikader atau dipersiapkan, termasuk yang potensial di bidang Biologi tersebut. Siswa bersangkutan, kami persiapkan dengan memberikan pembinaan secara rutin untuk mata pelajaran yang bersangkutan, oleh guru atau kakak kelasnya yang pernah meraih juara OSTN.

Adapun Ferisa mengungkapkan, dirinya mewakili Jateng dalan OSTN pelajaran Biologi tingkat nasional itu, setelah meraih juara pertama pada OSTN tingkat kabupaten Temanggung dan Jawa Tengan di tingkat provinsi, Juni lalu. "Setelah juara provinsi, kami sempat menjalani pemagangan untuk pendalaman materi selama dua minggu di Undip dan UKSW Salatiga, sebelum terjun ke OSTN tingkat Nasional," kata siswa kelas XII Jurusan Kimia Analis tersebut.

Dalam OSTN yang dikhususkan bagi siswa SMK dan MAK tersebut, Ferisa harus mengikuti beberapa sesi ujian, meliputi tertulis, dna praktikum. Atas prestasi juara nasional tersebut, di berhak mendapatkan trofi, medali emas, sertifikat, dan uang pembinaan 10 juta. "Mudah-mudahan dengan prestasi yang saya raih ini, akan memotivasi adik-adik kelas untuk meraih prestasi yang sama pada OSTN tahun-tahun berikutnya. Tak hanya untuk OSTN palajaran Biologi namun OSTN pelajaran lainnya, kami berharap SMKN 1 Temanggung bisa mareih prestasi terbaik" pesannya.

 


Diposting pada: 2013-10-28, oleh : Admin, Kategori: Kolom Prestasi
Print BeritaPrint PDFPDF



Ada 0 komentar untuk berita ini
Tinggalkan Komentar

Nama *
Email * tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa http:// contoh www.rubrik.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas