Browse > Kolom Prestasi > Stemba meraih Medali Emas dan Perak diajang bergengsi LKS Nasional XXII

Stemba meraih Medali Emas dan Perak diajang bergengsi LKS Nasional XXII

Untuk pertama dalam sejaran LKS, Stembatema baru kali ini untuk seluruh bidang lomba yang diikuti mendapatkan juara 1 semua. Bulan September 2013 para jawara akan bertanding kembali di LKS tingkat Nasional yang rencananya akan diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah - Jakarta.  Untuk Stembatema (SMKN 1 Temanggung) mengirimkan peserta dibidang Lomba Post Harvest Technology (an. Andreas David), Agronomy (an. Sugiharto) dan Chemistry (an. Dian Anggraeni). Alhamdulillah ketiga-tiganya mendapatkan Juara 1, pada LKS Provinsi Jawa Tengah, 8 September 2012.

Selain mendapatkan tropi kejuaraan, para juara juga mendapatkan uang pembinaan 4jt. Tidak lupa kami ucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pembimbing lomba : Panji Damar S,TP (bidang Post Harvest Technology), Ida loeh Sawitri, SP (bidang Agronomi) dan Yotie Tunika, ST (bidang Chemistry).

Setelah melalui proses pembinaan yang cukup matang, hingga ketiga siswa dimagangkan di DuDi terkait, serta Universitas akhirnya pada hari ini tanggal 22 - 28 September 2013 kami beserta segenap kontongen Jawa tengah berangkat menuju Jakarta dalam kompetisi LKS Nasional XXII. Bapak Kartono dan Bp. Reza Pahlevi memberikan semangat dan dorongan mental kepada seluruh siswa SMK yang akan bertanding dalam kontes bergengsi SMK ini, agar Jawa tengan mampu meraih Juara Umum kembali.
 
Stembatema yang mendapat kesempatan untuk bidang lomba Post Harvest Technology pertempat di Agunan Moseum Transportasi, untuk Chemistry dan Agronomy bertempat di Agunan Sulawesi. Setiap sesi perlombaan, kami optimis meraih point maksimal, meskipun terkadang terkendala oleh suasana lomba yang sangat terik sekali dan menguras keringat. Ibu Ida Loeh Sawitry selaku pembimbing bidang lomba Agronomy, menyatakan kekagumannya kepada Sugiarto yang berani tampil presentasi sangat memukau juri dengan Bahasa Inggris. Selanjutnya Ibu Yotie Tunika juga sangat antusias mengamati setiap detik perlombaan pada bidang Chemistry, dimana beliau menyatakan bahwa lawan terberat untuk chemistry adalah SMK Caraka Nusantara dan SMKN 7 Bandung. Sedangkan bagi Post Harvest Technology, harus berjuang keras untuk menundukkan tuan rumah DKI dan Juara LKS 2 tahun berturut-turut yaitu SMK N 1 Cibadak, seperti yang disampaikan oleh Bp. Panji Damar selaku pembimbing Post Harvest Tech.

Bagi pembimbing sendiri, mengamati dan menyiapkan mental siswa untuk tampil prima diajang lomba sangat menguras tenaga. Kami selalo memantau perkembangan setiap langkah siswa, mencari point tertinggi pada setiap acara lomba, serta yang terpenting adalah semangat kebersamaan dengan siswa agar mampu menjaga mental siswa agar tidak drop ketika menemui kendala.

Tibalah detik mendebarkan dimana hari Jumat 27 September 2013 pukul 20.00 tepatnya di gedung Graha Kriya Taman Mini Indonesia Indah dalam acara pengumuman pemenang untuk seluruh mata lomba. Kami sempat dibuat deg-degan ketika "chemistry" disebutkan. Sontak sorai dan harapan mulai tumbuh ketika logo provinsi jawa tengah masuk 5 besar, dan Alhamdulillah untuk Chemistry kami meraih medali Perak untuk Dian Anggraeni SMKN 1 Temanggung, dan mendapatkan uang pembinaan 8 juta rupiah. Tidak sampai disitu saja rasa was-was kami, ketika memasuki pengumuman untuk bidang lomba Post Harvest tech, ada cercah harapan dimana logo provisni Jawa tengah juga masuk 5 besar, dan syukur tak terhingga kami menyabet medali Emas untuk Andreas David Setiawan Putra SMK Negeri 1 Temanggung dan mendapatkan uang pembinaan 10 juta rupiah. Sedangkan untuk mata lomba Agronomy, kami harus mengakui Jawa Barat masih mendominasi kompetensi ini. Semoga ini menjadi cambuk semangat kita warga Stembatema untuk bisa meningkatkan skill siswa kita, sehingga tahun mendatang bisa merebut kembali medali juara untuk Agronomy.

Seperti yang dprediksi sejak awal, bahwa kita akan bertarung habis-habisan dengan tuan rumah DKI Jakarta dan Jawa Timur. Untuk juara umum LKS XXII ini diraih oleh DKI Jakarta yang menyabet 22 emas 8 perak dan 5 perunggu. Juara umum ke-2 adalah Jawa tengah yang menyabet 10 emas, 9 perak dan 9 perunggu. Sedangkan di posisi ke-3 diraih oleh Jawa Timur yang menyabet 7 emas 5 perak dan 6 perunggu. Meskipun demikian, seluruh kontingen Jawa Tengah tetap optimis, tahun depan pada ajang bergengsi LKS Nasional yang akan di selenggarakan di Palembang, kami akan merebut kembali Tropi Juara Umum kembali.
Bravo Stembatema, Bravo Jawa Tengah

 

 


Diposting pada: 2013-09-30, oleh : Admin, Kategori: Kolom Prestasi
Print BeritaPrint PDFPDF



Ada 0 komentar untuk berita ini
Tinggalkan Komentar

Nama *
Email * tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa http:// contoh www.rubrik.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas