Browse > Informasi Sekolah > Manajemen Kendali yang mengantarkan Stembatema meraih Adiwiyata Mandiri

Manajemen Kendali yang mengantarkan Stembatema meraih Adiwiyata Mandiri

Pola dan strategi kepemimpinan Kepala Sekolah sangat menentukan dalam mewarnai keberhasilan sekolah, oleh karena itu diperlukan spirit dan semangat untuk berubah menuju pada keberhasilan dalam mengelola suatu sekolah. Salah satu kekuatan efektif dalam pengelolaan sekolah yang berperan sebagai manifestasi suatu pertanggungjawaban menghadapi perubahan, adalah kepemimpinan kepala sekolah yaitu perilaku yang mampu memprakarsai  pemikiran baru di dalam proses interaksi di lingkungan sekolah dengan melakukan perubahan atau penyesuaian tujuan, sasaran, konfigurasi, prosedur, input, proses atau output dari suatu sekolah sesuai dengan tuntutan perkembangan.

Kepala Sekolah sebagai pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kesadaran akan cinta lingkungan di sekolah dan lingkungan sekitarnya.  Oleh karena itu, kepala sekolah dituntut memiliki kreatifitas dan inovasi yang tinggi sehingga dapat mengemban tugas tersebut.  Pada sat ini perlindungan dan pengelolaan lingkungan merupakan isu strategis, baik pada tingkat lokal, regional maupun global.

Pendidikan merupakan instrumen yang kuat dan efektif untuk mengkomunikasikan, meningkatkan kepedulian, dan memberikan pembelajaran tentang pentingnya pengelolaan lingkungan sekolah yang baik.  Kepala Sekolah melakukan usaha dalam hal kepedulian dan kemampuan untuk mengelola sekolah yang berwawasan lingkungan dengan menerapkan MANAJEMEN KENDALI (KEpemimpinaN, ketelaDanan, komitmen, kebersamAan dan kepeduLIan). Kebijakan tersebut dilakukan untuk untuk membekali peserta didik menjadi pelopor/kader pelestari lingkungan setelah mereka lulus, dan mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan yang berkualitas sehingga dapat memenuhi harapan serta kebutuhan seluruh warga sekolah.

Alasan pemilihan strategi pemecahan masalah dalam penerapan MANAJEMEN KENDALI (KEpemimpinaN, ketelaDanan, komitmen, kebersamAan dan kepeduLIan) mengantar menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri adalah : (1). Kepemimpinan dan keteladanan oleh pimpinan, staf pimpinan, dan guru secara terus-menerus berkesinambungan tanpa jemu/jenuh. Strategi tersebut dilakukan dengan memulai dan meneladani perilaku sehari-hari di sekolah, bertujuan menanamkan sikap dan pribadi yang cinta lingkungan kepada seluruh warga sekolah. (2). Membangun komitmen bersama dengan pendekatan individu dengan memperhatikan dan menampung semua aspirasi berbagai pihak, untuk menanamkan sikap handarbeni sehingga pemberdayaaan pelestarian lingkungan dapat tercapai secara optimal. (3).  Membangkitkan kebersamaan dan kepedulian melalui kunjungan ke rumah, out bond, dan wisata keluarga bersama di alam terbuka untuk mempererat tali silaturahmi dan peduli terhadap lingkungan  yang bersih dan hijau.

Hasil dan dampak penerapan Manajemen Kendali dalam mengantar menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri, yaitu :

  1. Pohon/tanaman di sekolah menyegarkan udara di siang hari sehingga dapat menambah tingkat kecerdasan anak karena banyak oksigen yang masuk ke otak;
  2. Pohon-pohon besar di samping penghasil oksigen, juga bisa berfungsi sebagai peredam suara bising, mengurangi silaunya sinar matahari, mengurangi panas, memperkuat struktur tanah serta bisa membantu penyerapan air ke dalam tanah;
  3. Penghijauan dan penataan taman di sekolah diperhitungkan sebaik mungkin agar nantinya tidak menjadikan masalah dalam pengembangan sekolah selanjutnya.

Materi Sosialisasi ini dapat Bapak/Ibu unduh di SINI.  Terima kasih

 


Diposting pada: 2014-02-18, oleh : Admin, Kategori: Informasi Sekolah
Print BeritaPrint PDFPDF



Ada 0 komentar untuk berita ini
Tinggalkan Komentar

Nama *
Email * tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa http:// contoh www.rubrik.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas